DIECAST MINIATUR MOBIL Sono Kuwijenan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sono Kuwijenan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sono Kuwijenan
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain design yg diproduksi menerapkan teknik die-casting, yg bermakna melalui teknik pelelehan metal dgn kata lain logam bakal lantas dituang bersama dicetak setakar dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sono Kuwijenan
Bahan
Logam yg dipake umumnya merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yang normal menggunakan bimbingan die casting umumnya yakni mainan design dgn skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun mampu diciptakan dgn cara ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup semacam keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak care k'lo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain enggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), namun mendapatkan nilai ekonomi yang amat bagus bila kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh ekstra honor dari menekuni penghidupan versi mini ini. Malahan banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni semata-mata dari profesi versi mini ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat & melaksanakan jual-beli, perputaran uang di usaha mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli bagus jual membeli maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sono Kuwijenan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sono Kuwijenan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dpt mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sono Kuwijenan
Harga
Value juga amat berupa-rupa dengan menjurus menjelma tinggi, terlebih amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau desain versi mini tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sono Kuwijenan
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia doyan yg satu ini. Namun bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling dpt menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hyn kesukaan kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sono Kuwijenan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sono Kuwijenan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sono Kuwijenan

LihatTutupKomentar