DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta dengar dong merk yang pertama... karena anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain rupa yg diproduksi menggunakan program die-casting, yg bermakna memakai teknik pelelehan metal dgn kata lain logam buat kemudian dituang & dicetak sebati dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Bahan
Metal yg dipakai umumnya adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang biasa menerapkan cara die casting umumnya yakni mainan model dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun sanggup diproduksi dengan prosedur ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dengan istilahnya, karena mereka sanggup seperti keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pd jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak peduli jika miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain nggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi mendapatkan value ekonomi yg sangat bagus jika kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh ekstra penghasilan dari menekuni bisnis modeling ini. Terlebih banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat dan menjalankan jual-beli, rotasi uang di profesi mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi positif jual beli ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa dan miring berubah tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa modeling tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia senang yg satu ini. Namun bagi orang serupa saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur bisa menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari sekadar kesukaan kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, semacam penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

LihatTutupKomentar