DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Timur
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau tipe yg diproduksi memakekan prosedur die-casting, yang bermakna lewat operasi pelelehan metal alias logam utk setelah itu dituang beserta dicetak sinkron dgn rupa yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Timur
Bahan
Metal yg diperlukan biasanya yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang umum memakekan sistem die casting kebanyakan merupakan mainan model dengan ukuran misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun sanggup diurus dengan teknik ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat serupa keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak peduli jika diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain tak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tapi memperoleh nilai ekonomi yg amat bagus kalau kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh lbh penghasilan dari menekuni usaha modeling ini. Sampai-Sampai byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, hingga dgn terlibat dengan melaksanakan jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual membeli maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Timur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yang dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini dpt mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Timur
Harga
Price juga sangat bervariasi dan menjurus berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo tipe versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Timur
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kesukaan yg 1 ini. Tapi bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur bisa menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari semata-mata gemar kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan petunjuk apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Timur

LihatTutupKomentar