DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain model yg diproduksi menerapkan cara die-casting, yang bermakna melalui prosedur pelelehan metal dengan kata lain logam untuk lalu dituang dan dicetak bertimbal dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar
Bahan
Metal yang dipegunakan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg lumrah memakekan teknik die casting rata-rata yaitu mainan rupa dgn skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun dpt dibuat dengan kaidah ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dengan istilahnya, sebab mereka sanggup seperti keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak concern kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yg amat bagus k'lo kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan ekstra income dari menekuni bisnis diecast ini. Sampai-Sampai byk yg bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat serta melakukan jual-beli, peredaran uang di pencaharian mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual belanja ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dpt mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar
Harga
Price juga amat beragam dan menjurus menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo desain modeling tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia senang yg 1 ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dpt menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa mengusik kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuman doyan kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, seperti saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

LihatTutupKomentar