DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias tipe yang diproduksi menggunakan pola die-casting, yang bermakna melalui proses pelelehan logam dgn kata lain logam bakal lantas dituang & dicetak sinkron dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo
Bahan
Metal yg diperlukan lazimnya yakni zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yg umum memakekan tata cara die casting rata-rata yaitu mainan tipe dengan size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun dapat diproduksi dengan proses ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup semacam keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi memperoleh nilai ekonomi yg sangat bagus jika kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh lbh gaji dari menekuni pencaharian versi mini ini. Malahan byk yang dpt menghidupi keluarganya murni sekadar dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat serta melakukan jual-beli, peredaran uang di profesi mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli positif jual belanja ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo
Harga
Price juga sangat berupa-rupa serta condong menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau model miniatur tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia senang yang satu ini. Tapi utk orang seperti saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling mampu menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai merecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuma gemar kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

LihatTutupKomentar