DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yg pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain desain yang diproduksi memakekan proses die-casting, yg bermakna melalui proses pelelehan metal alias logam buat selanjutnya dituang beserta dicetak setakar dengan jenis yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo
Bahan
Metal yg diperlukan kebanyakan ialah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang regular menggunakan kaidah die casting umumnya yaitu mainan rupa dengan skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun mampu diciptakan dgn proses ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dengan istilahnya, krn mereka dpt seperti keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak concern bila diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain nggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi memperoleh price ekonomi yang sangat bagus bila kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh pelengkap penghidupan dari menekuni bisnis miniatur ini. Lebih-Lebih banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari profesi diecast ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat serta memperbuat jual-beli, liquiditas uang di profesi mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positif jual beli ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini mampu mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo
Harga
Harga juga amat beragam bersama condong menjadi tinggi, terlebih amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika desain versi mini tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia gemar yg satu ini. Tapi bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai versi mini dapat menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa menggerecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai alias dari hanya minat kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumberejo

LihatTutupKomentar