DIECAST MINIATUR MOBIL Supiori

DIECAST MINIATUR MOBIL Supiori

DIECAST MINIATUR MOBIL Supiori
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau tipe yg diproduksi memakaikan kaidah die-casting, yg berarti lewat sistem pelelehan metal atau metal buat lalu dituang & dicetak bertimbal dengan jenis yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Supiori
Bahan
Logam yg dipake biasanya yaitu zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg normal menggunakan program die casting kebanyakan adalah mainan rupa dengan size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dapat diproduksi dengan langkah ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dengan istilahnya, krn mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pada tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern kalau modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai nilai ekonomi yang amat bagus jika kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh komplemen gaji dari menekuni penghidupan versi mini ini. Terlebih byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari karier diecast ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat bersama menjalankan jual-beli, pertukaran uang di penghidupan mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi positive jual membeli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Supiori

DIECAST MINIATUR MOBIL Supiori

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini mampu sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Supiori
Harga
Price juga amat beragam serta mengarah berubah tinggi, malahan amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau desain miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Supiori
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia gemar yang satu ini. Tetapi bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling dpt menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merintangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar suka kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Supiori

DIECAST MINIATUR MOBIL Supiori

DIECAST MINIATUR MOBIL Supiori

LihatTutupKomentar