DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias design yg diproduksi memakekan bimbingan die-casting, yang berarti lewat operasi pelelehan logam alias metal bagi kemudian dituang beserta dicetak setakar dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Bahan
Metal yang dipegunakan lazimnya ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yg normal memakekan manual die casting rata-rata yaitu mainan desain dengan size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun sanggup diciptakan dengan manual ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt semacam keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak care kalau modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai value ekonomi yg sangat bagus bila kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan lebih honor dari menekuni karier diecast ini. Terlebih banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan saya yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, pertukaran uang di profesi mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual beli maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs modeling yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dapat mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Harga
Price juga sangat bermacam-macam dan condong menjadi tinggi, malahan sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila model versi mini tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia minat yang satu ini. Namun untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini dapat menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak pake menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai atau dari hanya hobi kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

LihatTutupKomentar