DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias desain yg diproduksi memakaikan kaidah die-casting, yang bermakna memakai teknik pelelehan metal dengan kata lain metal untuk sesudahnya dituang dengan dicetak setakar dgn model yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Bahan
Metal yang digunakan biasanya merupakan zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg biasa menggunakan arahan die casting kebanyakan yaitu mainan design dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun dapat diurus dengan program ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dengan istilahnya, sebab mereka sanggup semacam keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pd design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak peduli jika versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi mempunyai price ekonomi yang sangat bagus kalo kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan lbh honor dari menekuni karier modeling ini. Malahan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari karier modeling ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat & menjalankan jual-beli, liquiditas uang di usaha mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs miniatur yang dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam dengan miring menjelma tinggi, malahan sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo model modeling tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia suka yg 1 ini. Tapi utk orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast bisa menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn minus menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

LihatTutupKomentar