DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Redeb

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Redeb

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Redeb
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain model yang diproduksi menggunakan program die-casting, yg bermakna lewat teknik pelelehan metal alias logam utk lantas dituang dengan dicetak setakar dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Redeb
Bahan
Metal yang dipegunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yang normal menggunakan program die casting umumnya ialah mainan desain dgn skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun dpt dibuat dengan tips ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa semacam keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pd jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak concern kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun memiliki price ekonomi yang sangat bagus jika kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan tambahan honor dari menekuni karier modeling ini. Bahkan byk yg mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dengan memperbuat jual-beli, aliran uang di bisnis mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi positive jual membeli ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Redeb

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Redeb

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yang dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Redeb
Harga
Harga juga amat bermacam-macam beserta cenderung menjadi tinggi, malahan sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo rupa miniatur tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Redeb
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kegemaran yang 1 ini. Namun bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast dapat berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn minus merecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai alias dari hanya gemar kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, seperti penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Redeb

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Redeb

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjung Redeb

LihatTutupKomentar