DIECAST MINIATUR MOBIL Tarogong Kidul

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarogong Kidul

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarogong Kidul
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain rupa yang diproduksi menerapkan bimbingan die-casting, yang bermakna memakai proses pelelehan logam dengan kata lain logam buat selanjutnya dituang bersama dicetak bertimbal dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarogong Kidul
Bahan
Logam yg digunakan kebanyakan adalah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang lumrah menerapkan proses die casting rata-rata merupakan mainan design dgn ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun bisa diproses dengan cara ini.

Di atas adalah sebutan ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak banget perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt seperti keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pd desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak peduli k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memiliki harga ekonomi yang amat bagus kalo kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan extra penghasilan dari menekuni profesi versi mini ini. Lebih-Lebih banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari profesi diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat & melakukan jual-beli, pergantian uang di profesi mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli bagus jual pesan ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarogong Kidul

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarogong Kidul

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini dpt mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarogong Kidul
Harga
Value juga amat bervariasi dengan miring menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila desain diecast tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarogong Kidul
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia gemar yang 1 ini. Tetapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai versi mini dapat menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuman kegemaran kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarogong Kidul

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarogong Kidul

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarogong Kidul

LihatTutupKomentar