DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Dalam

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Dalam

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Dalam
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau desain yang diproduksi memakaikan kaidah die-casting, yang bermakna melalui metode pelelehan metal dengan kata lain logam utk setelah itu dituang bersama dicetak sebati dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Dalam
Bahan
Logam yang dipake kebanyakan yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg jamak menggunakan langkah die casting lazimnya yakni mainan tipe dgn skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun bisa diciptakan dengan tips-tips ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu seperti keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pada model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak care kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain tak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yg sangat bagus bila kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh lebih penghasilan dari menekuni profesi diecast ini. Sampai-Sampai byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari profesi miniatur ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta melakukan jual-beli, liquiditas uang di pencaharian mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual belanja ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Dalam

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Dalam

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Dalam
Harga
Price juga amat bervariasi serta berat menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo jenis modeling tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Dalam
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia hobi yg satu ini. Namun untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur bisa berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu dpt kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak pake mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai atau dari semata-mata senang kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Dalam

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Dalam

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Dalam

LihatTutupKomentar