DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta denger dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias model yg diproduksi memakaikan teknik die-casting, yg berarti lewat teknik pelelehan logam atau metal buat sesudahnya dituang beserta dicetak sesuai dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Bahan
Metal yg diperlukan rata-rata ialah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang normal memakaikan strategi die casting umumnya merupakan mainan tipe dgn size ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun sanggup dikerjakan dgn pola ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak betul-betul perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pd tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak care kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mendapatkan value ekonomi yg amat bagus k'lo kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima pelengkap gaji dari menekuni profesi modeling ini. Malahan banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat & menjalani jual-beli, sirkulasi uang di pencaharian mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Harga
Harga juga sangat beragam dan berat berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo model diecast tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesukaan yang satu ini. Tetapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai modeling mampu menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa memprovokasi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuman demen kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, semacam saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

LihatTutupKomentar