DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 pria selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias model yg diproduksi menerapkan manual die-casting, yang berarti memakai sistem pelelehan metal atau logam untuk lalu dituang dan dicetak serasi dgn tipe yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi
Bahan
Logam yg dipegunakan lazimnya merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg biasa memakekan teknik die casting kebanyakan merupakan mainan model dgn size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun dpt dibuat dengan tata cara ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt semacam keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pada desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak care kalo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai price ekonomi yang amat bagus kalau kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh extra nafkah dari menekuni karier modeling ini. Sampai-Sampai banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari karier modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat serta menjalani jual-beli, rotasi uang di bisnis mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi positif jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yg dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi
Harga
Price juga sangat berupa-rupa & miring menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika model miniatur tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia senang yang satu ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur bisa menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai alias dari sekadar demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, seperti penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

LihatTutupKomentar