DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau serta mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau rupa yang diproduksi memakekan teknik die-casting, yang bermakna melalui teknik pelelehan logam atau metal bagi selanjutnya dituang & dicetak sebati dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi
Bahan
Metal yg dipake kebanyakan ialah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yang umum memakekan tips die casting lazimnya adalah mainan design dgn size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun dpt diurus dengan strategi ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pada model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak peduli kalau diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), namun mempunyai nilai ekonomi yang sangat bagus bila kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh extra penghasilan dari menekuni karier modeling ini. Lebih-Lebih banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melakukan jual-beli, pergantian uang di bisnis mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positif jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs versi mini yang dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini mampu menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi
Harga
Harga juga amat beragam dan miring menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo desain miniatur tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tetapi bakal orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur bisa berubah sangat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuman doyan kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, serupa saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

DIECAST MINIATUR MOBIL Tumbang Titi

LihatTutupKomentar