DIECAST MINIATUR MOBIL Ungaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Ungaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Ungaran
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & dengar dong merk yang pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau desain yang diproduksi memakekan metode die-casting, yang bermakna melalui prosedur pelelehan logam alias metal utk kemudian dituang beserta dicetak sinkron dengan rupa yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ungaran
Bahan
Logam yang digunakan lazimnya ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang lumrah memakekan bimbingan die casting biasanya yaitu mainan design dengan ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun bisa dibuat dengan cara ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak concern jika versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain enggak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh harga ekonomi yang sangat bagus k'lo kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh ekstra mata pencaharian dari menekuni karier modeling ini. Terlebih byk yang bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari bisnis miniatur ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat serta menjalani jual-beli, pertukaran uang di profesi mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual membeli maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ungaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Ungaran

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dapat mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ungaran
Harga
Harga juga amat beragam dengan condong menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan buat hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau tipe miniatur tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ungaran
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kesenangan yang satu ini. Tapi utk orang semacam saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dapat berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, seperti saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ungaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Ungaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Ungaran

LihatTutupKomentar