DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain desain yg diproduksi menerapkan tips die-casting, yg bermakna lewat teknik pelelehan logam atau metal bagi sesudahnya dituang dan dicetak bertimbal dgn tipe yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo
Bahan
Logam yg dipake lazimnya adalah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yang jamak menerapkan strategi die casting lazimnya ialah mainan model dgn size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun bisa dikerjakan dengan bimbingan ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup serupa keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pd design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak care kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi memiliki nilai ekonomi yg amat bagus jika kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima komplemen penghasilan dari menekuni pencaharian versi mini ini. Sampai-Sampai banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari profesi versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat & memperbuat jual-beli, perpindahan uang di pekerjaan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual beli maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yg dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini sanggup menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo
Harga
Price juga amat bermacam-macam dengan miring berubah tinggi, terlebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika tipe diecast tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kesukaan yg satu ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai modeling sanggup menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus merongrong kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn hobi kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

LihatTutupKomentar