DIECAST MINIATUR MOBIL Babatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Babatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Babatan
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan dengar dong merk yg pertama... karena anak2 pria selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias tipe yg diproduksi memakekan teknik die-casting, yang bermakna lewat cara pelelehan logam alias metal bakal kemudian dituang bersama dicetak sebati dgn rupa yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Babatan
Bahan
Logam yg dipegunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yang biasa memakaikan cara die casting umumnya merupakan mainan jenis dgn ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun dpt diproduksi dengan cara ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pada rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak concern kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain enggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yg sangat bagus jika kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan pelengkap honor dari menekuni bisnis versi mini ini. Bahkan banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni sekadar dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat dengan mengerjakan jual-beli, pertukaran uang di penghidupan mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi positive jual belanja ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Babatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Babatan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Babatan
Harga
Price juga sangat beragam beserta menjurus berubah tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo model miniatur tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Babatan
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia gemar yg satu ini. Tapi bagi orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai miniatur bisa menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak pake menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai alias dari sekadar suka kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, seperti saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Babatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Babatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Babatan

LihatTutupKomentar