DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkinang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkinang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkinang
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain desain yg diproduksi menggunakan aturan die-casting, yang berarti lewat cara pelelehan logam atau metal utk lantas dituang & dicetak sinkron dgn tipe yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkinang
Bahan
Metal yg digunakan kebanyakan yakni zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yang normal memakaikan metode die casting lazimnya ialah mainan tipe dengan skala umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun sanggup diproses dengan petunjuk ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt serupa keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak concern kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memperoleh value ekonomi yg sangat bagus kalo kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh extra income dari menekuni karier modeling ini. Terlebih byk yang bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari karier versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dan mengerjakan jual-beli, pertukaran uang di usaha mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi bagus jual membeli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkinang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkinang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dapat mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkinang
Harga
Harga juga amat bervariasi serta berat berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika jenis modeling tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkinang
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia gemar yg 1 ini. Tetapi bagi orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast sanggup menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak usah merecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkinang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkinang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkinang

LihatTutupKomentar