DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain design yg diproduksi menggunakan tips-tips die-casting, yang bermakna lewat prosedur pelelehan metal alias logam buat setelah itu dituang serta dicetak sesuai dengan model yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul
Bahan
Logam yg diperlukan lazimnya ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yg jamak menggunakan proses die casting lazimnya adalah mainan jenis dgn skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun mampu diproses dgn aneka tips ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu seperti keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak concern k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias tak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yg sangat bagus bila kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima komplemen mata pencaharian dari menekuni karier modeling ini. Sampai-Sampai byk yang dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari profesi miniatur ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, sampai dengan terlibat serta melakukan jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli bagus jual beli maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul
Harga
Price juga sangat berupa-rupa beserta condong berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa versi mini tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia gemar yg 1 ini. Namun utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai miniatur sanggup menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu memprovokasi kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuma kegemaran kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, semacam saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

DIECAST MINIATUR MOBIL Bantul

LihatTutupKomentar