DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama dengar dong merk yang pertama... karena anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi memakaikan sistem die-casting, yang berarti lewat operasi pelelehan logam alias logam bakal setelah itu dituang bersama dicetak bertimbal dgn model yg diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas
Bahan
Logam yang dipake lazimnya merupakan zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang normal memakekan panduan die casting kebanyakan ialah mainan jenis dgn size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun sanggup dirancang dgn arahan ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa seperti keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak care k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yg amat bagus kalau kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan lebih penghidupan dari menekuni bisnis miniatur ini. Sampai-Sampai byk yg dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan memperbuat jual-beli, pertukaran uang di pekerjaan mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli positive jual beli maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yang dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini dapat sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas
Harga
Price juga amat beragam beserta berat berubah tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo design diecast tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia gemar yang 1 ini. Tetapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur dapat menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun minus merintangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuma doyan kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

DIECAST MINIATUR MOBIL Banyumas

LihatTutupKomentar