DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Selatan
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan dengar dong merk yang pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain model yang diproduksi menerapkan metode die-casting, yg bermakna menggunakan proses pelelehan metal dgn kata lain metal utk kemudian dituang bersama dicetak sinkron dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Selatan
Bahan
Metal yang diperlukan rata-rata ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yang standar menerapkan cara die casting kebanyakan yaitu mainan model dengan size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dapat dikerjakan dgn bimbingan ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt serupa keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak concern kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yang sangat bagus bila kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan extra mata pencaharian dari menekuni usaha modeling ini. Lebih-Lebih byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat dan menjalankan jual-beli, liquiditas uang di usaha mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual beli ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Selatan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Selatan
Harga
Harga juga sangat bervariasi dan mengarah berubah tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika rupa versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Selatan
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yang 1 ini. Tetapi untuk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dapat menjadi amat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu menggerecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuma minat kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Selatan

LihatTutupKomentar