DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias design yg diproduksi menerapkan kaidah die-casting, yg bermakna melalui sistem pelelehan metal dgn kata lain metal untuk sesudahnya dituang beserta dicetak sebati dgn tipe yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang
Bahan
Metal yg dipakai kebanyakan merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang umum memakaikan tips die casting rata-rata ialah mainan jenis dgn size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun dpt dikerjakan dgn aneka tips ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dengan istilahnya, krn mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain tak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), namun memiliki nilai ekonomi yang sangat bagus kalau kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan extra honor dari menekuni karier diecast ini. Lebih-Lebih byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat dan memperbuat jual-beli, liquiditas uang di penghidupan mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi baik jual belanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang
Harga
Price juga sangat bermacam-macam bersama miring menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo design modeling tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Namun utk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai modeling mampu menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuman kesenangan kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, semacam saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

DIECAST MINIATUR MOBIL Batang

LihatTutupKomentar