DIECAST MINIATUR MOBIL Bintuni

DIECAST MINIATUR MOBIL Bintuni

DIECAST MINIATUR MOBIL Bintuni
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias rupa yg diproduksi menggunakan tips-tips die-casting, yang bermakna menggunakan cara pelelehan logam dgn kata lain logam bagi sesudahnya dituang dan dicetak sebati dengan model yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bintuni
Bahan
Logam yg digunakan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang umum menerapkan aneka tips die casting rata-rata ialah mainan desain dengan skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dpt dikerjakan dengan manual ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt seperti keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pada tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli kalau miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi mendapatkan harga ekonomi yg sangat bagus k'lo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan ekstra income dari menekuni pencaharian versi mini ini. Malahan banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dan memperbuat jual-beli, perputaran uang di bisnis mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bintuni

DIECAST MINIATUR MOBIL Bintuni

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs diecast yang dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini dpt menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bintuni
Harga
Price juga sangat bermacam-macam bersama menjurus berubah tinggi, bahkan amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo rupa miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bintuni
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tapi untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini mampu menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata minat kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, semacam penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bintuni

DIECAST MINIATUR MOBIL Bintuni

DIECAST MINIATUR MOBIL Bintuni

LihatTutupKomentar