DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan dengar dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau tipe yang diproduksi memakekan teknik die-casting, yang bermakna melalui operasi pelelehan metal alias logam bakal lantas dituang bersama dicetak sinkron dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor
Bahan
Metal yg dipegunakan biasanya merupakan zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg standar memakaikan teknik die casting kebanyakan yaitu mainan tipe dengan size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun dapat dibuat dgn pola ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, krn mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pd desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak peduli k'lo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain nggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yg sangat bagus bila kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan lbh pendapatan dari menekuni pekerjaan versi mini ini. Sampai-Sampai byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat dan melaksanakan jual-beli, peredaran uang di pekerjaan mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli positif jual membeli maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs miniatur yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor
Harga
Price juga amat berupa-rupa bersama berat berubah tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila model miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tapi bagi orang semacam saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur bisa menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa memprovokasi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman kesukaan kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

DIECAST MINIATUR MOBIL Bogor

LihatTutupKomentar