DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yg pertama... sebab anak2 pria selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias tipe yang diproduksi memakekan pola die-casting, yang bermakna melalui cara pelelehan metal dengan kata lain metal bagi selanjutnya dituang beserta dicetak bertimbal dgn rupa yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Bahan
Logam yang dipegunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg normal menerapkan sistem die casting rata-rata yaitu mainan design dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dapat diproses dgn tips-tips ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak amat perduli dgn istilahnya, karena mereka mampu semacam keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak care jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yg sangat bagus jika kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh pelengkap mata pencaharian dari menekuni profesi modeling ini. Lebih-Lebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat serta menjalankan jual-beli, sirkulasi uang di bisnis mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual pesan ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Harga
Harga juga amat beragam bersama mengarah berubah tinggi, terlebih sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo model miniatur tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Namun untuk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai modeling sanggup menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengacaukan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

LihatTutupKomentar