DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yg pertama... krn anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi memakekan strategi die-casting, yg berarti melalui sistem pelelehan metal dgn kata lain metal bakal selanjutnya dituang beserta dicetak sinkron dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Bahan
Metal yang digunakan rata-rata yakni zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa menggunakan teknik die casting rata-rata merupakan mainan tipe dgn ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun bisa dikerjakan dengan pola ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu semacam keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pada tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak care kalo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yang sangat bagus bila kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan komplemen salary dari menekuni bisnis diecast ini. Malahan byk yang dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari profesi versi mini ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, pertukaran uang di bisnis mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positif jual membeli ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini mampu sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Harga
Value juga amat bermacam-macam & mengarah menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika desain versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kegemaran yang 1 ini. Namun bagi orang serupa saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling dpt menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuman kesenangan kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

LihatTutupKomentar