DIECAST MINIATUR MOBIL Cimahi

DIECAST MINIATUR MOBIL Cimahi

DIECAST MINIATUR MOBIL Cimahi
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain desain yang diproduksi menggunakan sistem die-casting, yang bermakna menggunakan proses pelelehan metal atau metal untuk setelah itu dituang & dicetak bertimbal dgn rupa yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cimahi
Bahan
Metal yang dipegunakan lazimnya yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang umum menggunakan prosedur die casting kebanyakan adalah mainan rupa dgn skala contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun dapat diproses dengan metode ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa serupa keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak care k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias tak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yg amat bagus kalau kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan pelengkap mata pencaharian dari menekuni usaha miniatur ini. Terlebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa hobi mainan ini, hingga dgn terlibat beserta menjalani jual-beli, aliran uang di profesi mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi positif jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cimahi

DIECAST MINIATUR MOBIL Cimahi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs miniatur yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cimahi
Harga
Harga juga amat bervariasi bersama miring menjadi tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo model modeling tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cimahi
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kesukaan yg 1 ini. Tetapi buat orang serupa saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini bisa berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake menghalangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuma suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, seperti saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cimahi

DIECAST MINIATUR MOBIL Cimahi

DIECAST MINIATUR MOBIL Cimahi

LihatTutupKomentar