DIECAST MINIATUR MOBIL Denpasar

DIECAST MINIATUR MOBIL Denpasar

DIECAST MINIATUR MOBIL Denpasar
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & denger dong merk yg pertama... karna anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain tipe yg diproduksi menggunakan cara die-casting, yang berarti memakai operasi pelelehan logam dengan kata lain metal untuk lalu dituang dan dicetak sebati dgn model yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Denpasar
Bahan
Metal yang dipake umumnya ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal atau pot metal. Mainan yang lumrah menggunakan metode die casting umumnya merupakan mainan model dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun bisa diproduksi dengan program ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa serupa keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak concern kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yg sangat bagus k'lo kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh ekstra gaji dari menekuni pekerjaan diecast ini. Bahkan byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari bisnis diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa hobi mainan ini, sampai dgn terlibat & melaksanakan jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi positif jual beli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Denpasar

DIECAST MINIATUR MOBIL Denpasar

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Denpasar
Harga
Value juga sangat beragam serta mengarah berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa diecast tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Denpasar
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia suka yang 1 ini. Tapi utk orang seperti saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai modeling mampu menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hyn kesukaan kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan teknik apa kita mau menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Denpasar

DIECAST MINIATUR MOBIL Denpasar

DIECAST MINIATUR MOBIL Denpasar

LihatTutupKomentar