DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Mas

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Mas

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Mas
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan denger dong merk yg pertama... karena anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain model yang diproduksi menggunakan tutorial die-casting, yg berarti menggunakan teknik pelelehan logam dengan kata lain logam bagi lantas dituang dengan dicetak bertimbal dengan model yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Mas
Bahan
Logam yang dipegunakan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yang jamak menggunakan program die casting umumnya yakni mainan model dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun sanggup diurus dengan tutorial ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup serupa keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak peduli kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dengan kata lain enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai price ekonomi yang amat bagus kalo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan komplemen upah dari menekuni bisnis versi mini ini. Terlebih banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalankan jual-beli, pertukaran uang di usaha mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli positif jual pesan ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Mas

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Mas

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs diecast yang dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Mas
Harga
Price juga sangat bermacam-macam dengan cenderung menjelma tinggi, malahan sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo rupa modeling tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Mas
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia gemar yang 1 ini. Tetapi bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling sanggup menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuma demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Mas

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Mas

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Mas

LihatTutupKomentar