DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain design yg diproduksi memakekan kaidah die-casting, yg berarti menggunakan proses pelelehan metal alias metal untuk kemudian dituang serta dicetak setakar dgn tipe yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Bahan
Metal yg dipegunakan umumnya yaitu zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang normal memakekan teknik die casting biasanya ialah mainan desain dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun mampu dibuat dgn teknik ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak berlebihan perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat serupa keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pada model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak care kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi memiliki value ekonomi yg sangat bagus jika kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh lebih mata pencaharian dari menekuni usaha modeling ini. Terlebih byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni hyn dari bisnis miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat serta melakukan jual-beli, rotasi uang di bisnis mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positive jual beli ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs versi mini yg dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini mampu menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Harga
Value juga amat bermacam-macam & miring berubah tinggi, malahan amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo tipe diecast tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Tetapi bagi orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini sanggup berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar demen kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, sebagaimana penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

LihatTutupKomentar