DIECAST MINIATUR MOBIL Jeneponto

DIECAST MINIATUR MOBIL Jeneponto

DIECAST MINIATUR MOBIL Jeneponto
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan dengar dong merk yang pertama... karna anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias desain yang diproduksi menggunakan strategi die-casting, yg berarti lewat sistem pelelehan metal dgn kata lain logam untuk lalu dituang serta dicetak bertimbal dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jeneponto
Bahan
Metal yg dipake biasanya yakni zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang biasa menerapkan tutorial die casting kebanyakan yaitu mainan jenis dgn size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun mampu diciptakan dgn tips-tips ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dgn istilahnya, krn mereka mampu seperti keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care kalau miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi memiliki value ekonomi yang sangat bagus k'lo kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh komplemen penghidupan dari menekuni pekerjaan versi mini ini. Sampai-Sampai byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat & menjalankan jual-beli, sirkulasi uang di pencaharian mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi positif jual beli ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jeneponto

DIECAST MINIATUR MOBIL Jeneponto

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs versi mini yg dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini sanggup sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jeneponto
Harga
Harga juga amat beragam beserta miring menjadi tinggi, terlebih amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika desain diecast tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jeneponto
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia minat yg 1 ini. Namun utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini mampu menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hyn demen kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jeneponto

DIECAST MINIATUR MOBIL Jeneponto

DIECAST MINIATUR MOBIL Jeneponto

LihatTutupKomentar