DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan denger dong merk yang pertama... karna anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias tipe yang diproduksi menggunakan bimbingan die-casting, yang bermakna menggunakan sistem pelelehan metal atau logam utk sesudahnya dituang & dicetak setakar dgn tipe yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana
Bahan
Metal yg diperlukan umumnya yaitu zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yg normal memakaikan langkah die casting lazimnya ialah mainan jenis dgn ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun dapat diproses dengan aneka tips ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat semacam keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak concern kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias nggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi memperoleh value ekonomi yang amat bagus k'lo kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan ekstra penghidupan dari menekuni pencaharian modeling ini. Lebih-Lebih banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, rotasi uang di pekerjaan mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual belanja ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs diecast yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini mampu mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana
Harga
Value juga amat berupa-rupa serta cenderung menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila desain modeling tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia senang yg 1 ini. Namun utk orang seperti saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini sanggup berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu merongrong kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuman demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

DIECAST MINIATUR MOBIL Kaimana

LihatTutupKomentar