DIECAST MINIATUR MOBIL Kanigoro

DIECAST MINIATUR MOBIL Kanigoro

DIECAST MINIATUR MOBIL Kanigoro
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias model yang diproduksi memakaikan kaidah die-casting, yang berarti memakai cara pelelehan logam atau logam buat setelah itu dituang beserta dicetak serasi dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kanigoro
Bahan
Metal yang dipakai umumnya yaitu zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yg biasa memakaikan aturan die casting kebanyakan merupakan mainan design dgn skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun dpt diproses dengan prosedur ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt seperti keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak peduli kalo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi mempunyai price ekonomi yg amat bagus bila kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima pelengkap gaji dari menekuni pekerjaan diecast ini. Terlebih banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari karier versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan menjalankan jual-beli, rotasi uang di profesi mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi positif jual membeli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kanigoro

DIECAST MINIATUR MOBIL Kanigoro

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs miniatur yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kanigoro
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa dan condong menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo tipe miniatur tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kanigoro
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Namun untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dpt menjadi sangat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa menggerecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hyn kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, semacam saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kanigoro

DIECAST MINIATUR MOBIL Kanigoro

DIECAST MINIATUR MOBIL Kanigoro

LihatTutupKomentar