DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Sula

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Sula

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Sula
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yang pertama... karna anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain model yg diproduksi memakekan strategi die-casting, yang berarti melalui sistem pelelehan metal dengan kata lain logam bagi setelah itu dituang & dicetak setakar dengan tipe yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Sula
Bahan
Logam yg dipake biasanya ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg lazim menerapkan pola die casting lazimnya adalah mainan desain dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dpt dirancang dgn tutorial ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak care bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yg amat bagus k'lo kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima extra gaji dari menekuni karier modeling ini. Malahan byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari karier miniatur ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat serta memperbuat jual-beli, aliran uang di penghidupan mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi baik jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Sula

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Sula

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs miniatur yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Sula
Harga
Harga juga sangat bervariasi dan condong menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo rupa diecast tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Sula
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia minat yg satu ini. Tapi bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur sanggup menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa mengaduhkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuma senang kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan pola apa kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Sula

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Sula

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Sula

LihatTutupKomentar