DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi menerapkan manual die-casting, yg bermakna melalui prosedur pelelehan logam dgn kata lain logam bagi selanjutnya dituang dengan dicetak bertimbal dengan jenis yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran
Bahan
Metal yg dipake lazimnya ialah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yang lazim menggunakan prosedur die casting biasanya adalah mainan model dgn skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun mampu diurus dengan kaidah ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pd tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak peduli k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dgn kata lain tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yg sangat bagus k'lo kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima tambahan honor dari menekuni usaha diecast ini. Terlebih banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari usaha miniatur ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat & memperbuat jual-beli, rotasi uang di pekerjaan mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positive jual beli ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs diecast yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dpt mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran
Harga
Nilai juga sangat beragam & menjurus menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau desain miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yang 1 ini. Namun bagi orang serupa saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur dpt berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa merintangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuman demen kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

LihatTutupKomentar