DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias model yang diproduksi memakekan arahan die-casting, yang berarti memakai prosedur pelelehan metal dengan kata lain metal untuk setelah itu dituang beserta dicetak setakar dengan tipe yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Bahan
Metal yang dipakai umumnya yakni zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg umum memakaikan aturan die casting rata-rata adalah mainan tipe dengan skala perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun bisa dibuat dengan cara ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dgn istilahnya, krn mereka mampu serupa keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pada model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak care bila diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain enggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi memiliki price ekonomi yg amat bagus kalo kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan tambahan upah dari menekuni penghidupan versi mini ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari karier miniatur ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat & melaksanakan jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi baik jual belanja maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini mampu sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Harga
Nilai juga sangat berupa-rupa bersama menjurus menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika rupa miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yg satu ini. Tapi buat orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling dapat menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata hobi kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

LihatTutupKomentar