DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & dengar dong merk yg pertama... karena anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau design yg diproduksi menggunakan aturan die-casting, yang berarti memakai metode pelelehan metal dengan kata lain metal untuk selanjutnya dituang dan dicetak bertimbal dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Bahan
Metal yang dipegunakan umumnya yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yg lazim menggunakan aneka tips die casting rata-rata ialah mainan tipe dengan ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun dapat diproduksi dengan bimbingan ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dgn istilahnya, karna mereka bisa semacam keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak care jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tidak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun memperoleh price ekonomi yang sangat bagus jika kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh komplemen salary dari menekuni profesi miniatur ini. Malahan byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat beserta menjalani jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli bagus jual beli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs modeling yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dpt mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Harga
Value juga amat berupa-rupa beserta miring menjadi tinggi, bahkan amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo desain modeling tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Namun untuk orang seperti saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur bisa menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai alias dari hanya kesukaan kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan tata cara apa kita mau menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, seperti saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

LihatTutupKomentar