DIECAST MINIATUR MOBIL Kumurkek

DIECAST MINIATUR MOBIL Kumurkek

DIECAST MINIATUR MOBIL Kumurkek
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta dengar dong merk yg pertama... karena anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau tipe yang diproduksi memakekan aneka tips die-casting, yang berarti melalui proses pelelehan logam atau metal utk lantas dituang dan dicetak sesuai dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kumurkek
Bahan
Logam yg dipake kebanyakan merupakan zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakekan tips-tips die casting lazimnya adalah mainan jenis dgn skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun dapat dirancang dengan aneka tips ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat serupa keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pd model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tapi memiliki nilai ekonomi yang sangat bagus jika kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh lbh nafkah dari menekuni pekerjaan diecast ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari profesi modeling ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, sirkulasi uang di bisnis mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kumurkek

DIECAST MINIATUR MOBIL Kumurkek

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yg dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini sanggup sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kumurkek
Harga
Price juga sangat beragam dengan condong berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila desain modeling tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kumurkek
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia suka yg satu ini. Namun untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast dpt menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuma hobi kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, serupa penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kumurkek

DIECAST MINIATUR MOBIL Kumurkek

DIECAST MINIATUR MOBIL Kumurkek

LihatTutupKomentar