DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias desain yang diproduksi menggunakan tips die-casting, yg berarti melalui cara pelelehan logam alias logam untuk kemudian dituang bersama dicetak sebati dengan tipe yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat
Bahan
Metal yg dipegunakan lazimnya merupakan zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular memakaikan teknik die casting biasanya ialah mainan model dengan skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun bisa diurus dgn cara ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak berlebihan perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt semacam keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak care bila miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain enggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus bila kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh pelengkap income dari menekuni usaha versi mini ini. Sampai-Sampai banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat bersama memperbuat jual-beli, rotasi uang di usaha mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual beli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat
Harga
Price juga sangat berupa-rupa serta cenderung berubah tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika design diecast tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesukaan yg satu ini. Tetapi bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast dpt berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata senang kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, serupa penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

LihatTutupKomentar