DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha


DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan dengar dong merk yg pertama... krn anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat hunian atau supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi memakaikan panduan die-casting, yg bermakna melalui cara pelelehan metal dengan kata lain metal bakal kemudian dituang serta dicetak sebati dgn model yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha
Bahan
Metal yang dipake umumnya merupakan zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg regular memakaikan tutorial die casting umumnya merupakan mainan model dgn size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun dpt dikerjakan dgn bimbingan ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak care jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun mendapatkan nilai ekonomi yang sangat bagus kalau kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan ekstra penghidupan dari menekuni usaha miniatur ini. Bahkan byk yang dapat menghidupi keluarganya murni sekadar dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual pesan maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs miniatur yang dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini dpt sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha
Harga
Value juga sangat bermacam-macam dengan menjurus menjadi tinggi, malahan sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika model modeling tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai versi mini sanggup menjadi amat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai alias dari hyn minat kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

LihatTutupKomentar