DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & dengar dong merk yg pertama... karena anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat properti dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias design yang diproduksi menggunakan petunjuk die-casting, yg berarti melalui metode pelelehan metal alias metal bagi setelah itu dituang dengan dicetak bertimbal dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur
Bahan
Logam yang dipakai biasanya merupakan zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg lumrah memakaikan sistem die casting kebanyakan yakni mainan tipe dgn size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun dapat diproduksi dgn strategi ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa seperti keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli kalau diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), namun memperoleh nilai ekonomi yg amat bagus kalo kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan lebih honor dari menekuni usaha modeling ini. Lebih-Lebih byk yang dpt menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat dan melaksanakan jual-beli, liquiditas uang di profesi mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi positif jual pesan maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini dapat sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur
Harga
Price juga sangat beragam dengan miring menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo desain miniatur tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Tetapi bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur bisa menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuman kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan metode apa kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, semacam penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

LihatTutupKomentar