DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & dengar dong merk yang pertama... karena anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias jenis yang diproduksi menerapkan program die-casting, yang berarti menggunakan proses pelelehan metal atau logam bakal lalu dituang beserta dicetak pantas dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak
Bahan
Logam yang dipakai umumnya yaitu zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang lumrah memakekan bimbingan die casting lazimnya adalah mainan design dgn size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun mampu diproses dengan proses ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak concern kalau miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dengan kata lain tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi mempunyai price ekonomi yang amat bagus jika kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan pelengkap income dari menekuni karier versi mini ini. Bahkan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat & menjalankan jual-beli, pertukaran uang di profesi mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yg dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini bisa menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak
Harga
Value juga amat beragam bersama cenderung menjelma tinggi, malahan amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo tipe versi mini tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia demen yg satu ini. Tapi untuk orang seperti saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast sanggup berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak pake mengusik kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

LihatTutupKomentar