DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara


DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan dengar dong merk yg pertama... karena anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias model yg diproduksi memakaikan cara die-casting, yang bermakna menggunakan sistem pelelehan metal alias logam bagi setelah itu dituang dengan dicetak pantas dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Bahan
Metal yg dipegunakan kebanyakan ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg jamak menerapkan aneka tips die casting biasanya yaitu mainan model dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun dapat dikerjakan dengan langkah ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dgn istilahnya, krn mereka mampu seperti keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak peduli k'lo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun memperoleh price ekonomi yang amat bagus k'lo kita mampu jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan lbh mata pencaharian dari menekuni bisnis versi mini ini. Malahan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat dan memperbuat jual-beli, pergantian uang di karier mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi baik jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dapat mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Harga
Nilai juga amat beragam dengan mengarah berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika model modeling tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia suka yang 1 ini. Tapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur mampu berubah sangat menguntungkan. Utk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuma kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

LihatTutupKomentar