DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain design yg diproduksi menerapkan sistem die-casting, yang berarti melalui cara pelelehan logam alias logam untuk selanjutnya dituang dengan dicetak setakar dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka
Bahan
Logam yg dipakai umumnya merupakan zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yang lazim menerapkan tips die casting biasanya yakni mainan desain dgn ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun sanggup diurus dgn tips-tips ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dgn istilahnya, sebab mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak peduli k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain nggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memiliki nilai ekonomi yg amat bagus kalo kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan pelengkap gaji dari menekuni bisnis diecast ini. Terlebih byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, hingga dgn terlibat dengan menjalankan jual-beli, rotasi uang di pekerjaan mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli positif jual belanja maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini mampu menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka
Harga
Harga juga amat bermacam-macam & miring menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika desain versi mini tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia minat yg 1 ini. Tapi untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai diecast dapat berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai memprovokasi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuma doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, serupa saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

LihatTutupKomentar