DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain jenis yg diproduksi memakaikan tips-tips die-casting, yang berarti melalui metode pelelehan logam dengan kata lain metal utk lalu dituang serta dicetak setakar dgn rupa yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah
Bahan
Logam yg digunakan rata-rata yaitu zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yg lumrah memakekan teknik die casting biasanya adalah mainan rupa dgn ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun bisa diciptakan dgn sistem ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karena mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pd design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak concern k'lo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi mendapatkan value ekonomi yg amat bagus kalo kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan lebih penghidupan dari menekuni usaha modeling ini. Malahan banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari penghidupan diecast ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat serta menjalani jual-beli, liquiditas uang di pencaharian mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli bagus jual belanja maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini sanggup sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam dan miring berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo desain miniatur tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia senang yang 1 ini. Namun buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai diecast dpt menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn minus mengganggu kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuman suka kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan metode apa kita kepingin menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

LihatTutupKomentar