DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan denger dong merk yang pertama... karna anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi memakekan aneka tips die-casting, yang bermakna memakai proses pelelehan metal atau metal buat lalu dituang serta dicetak serasi dgn model yang diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara
Bahan
Metal yg dipake kebanyakan ialah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg regular menerapkan bimbingan die casting lazimnya yakni mainan jenis dgn skala contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun mampu dirancang dengan bimbingan ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dengan istilahnya, krn mereka bisa serupa keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pada model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak care kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yang sangat bagus jika kita mampu jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan pelengkap pendapatan dari menekuni usaha versi mini ini. Malahan byk yg dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, hingga dengan terlibat serta melakukan jual-beli, pertukaran uang di usaha mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli bagus jual berbelanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini sanggup sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara
Harga
Harga juga sangat beragam serta berat menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia suka yg satu ini. Namun utk orang semacam saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai miniatur dpt menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak usah menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuma demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

LihatTutupKomentar