DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Timur
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi menerapkan tutorial die-casting, yg berarti menggunakan sistem pelelehan metal dgn kata lain logam buat kemudian dituang dan dicetak serasi dengan rupa yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Timur
Bahan
Metal yg dipakai kebanyakan ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yang normal menerapkan petunjuk die casting umumnya adalah mainan tipe dengan ukuran misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun dpt diproduksi dengan kaidah ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dengan istilahnya, krn mereka bisa seperti keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai price ekonomi yang sangat bagus k'lo kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan pelengkap income dari menekuni usaha modeling ini. Lebih-Lebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni sekadar dari karier diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, hingga dengan terlibat dan melaksanakan jual-beli, pergantian uang di karier mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi bagus jual pesan maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Timur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini bisa mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Timur
Harga
Price juga sangat berupa-rupa dengan berat berubah tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila desain versi mini tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Timur
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kesenangan yang satu ini. Tapi bakal orang semacam saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dapat menjadi sangat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuma hobi kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, semacam saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Timur

LihatTutupKomentar