DIECAST MINIATUR MOBIL Mangupura

DIECAST MINIATUR MOBIL Mangupura

DIECAST MINIATUR MOBIL Mangupura
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain design yang diproduksi memakaikan tutorial die-casting, yang bermakna melalui teknik pelelehan logam alias metal buat lantas dituang beserta dicetak bertimbal dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mangupura
Bahan
Logam yg dipake rata-rata yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg biasa memakekan tutorial die casting kebanyakan yaitu mainan desain dengan size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dapat diurus dengan cara ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dgn istilahnya, karena mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted jika sudah tersandung cinta pada tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak care jika miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi memiliki value ekonomi yg sangat bagus kalau kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima lbh mata pencaharian dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Bahkan banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari profesi diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, hingga dgn terlibat beserta mengerjakan jual-beli, peredaran uang di penghidupan mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli bagus jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mangupura

DIECAST MINIATUR MOBIL Mangupura

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs diecast yg dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini bisa mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mangupura
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam dan menjurus menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo tipe diecast tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mangupura
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia senang yg satu ini. Tapi utk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling sanggup berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa memprovokasi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai alias dari sekadar suka kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, serupa saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mangupura

DIECAST MINIATUR MOBIL Mangupura

DIECAST MINIATUR MOBIL Mangupura

LihatTutupKomentar