DIECAST MINIATUR MOBIL Melawi

DIECAST MINIATUR MOBIL Melawi

DIECAST MINIATUR MOBIL Melawi
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias desain yg diproduksi memakekan prosedur die-casting, yg bermakna menggunakan operasi pelelehan logam atau metal buat kemudian dituang bersama dicetak serasi dgn model yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Melawi
Bahan
Metal yg dipegunakan kebanyakan ialah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa menerapkan langkah die casting biasanya adalah mainan jenis dgn ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dapat diproduksi dgn pola ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu seperti keracunan / addicted jika sudah tersandung cinta pd rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care bila diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh value ekonomi yg sangat bagus bila kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh lbh gaji dari menekuni usaha versi mini ini. Lebih-Lebih byk yg dpt menghidupi keluarganya murni sekadar dari karier modeling ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat serta memperbuat jual-beli, rotasi uang di karier mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi positif jual pesan ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Melawi

DIECAST MINIATUR MOBIL Melawi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dpt sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Melawi
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam serta berat berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau tipe versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Melawi
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dpt menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak usah merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuman demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan tips apa kita hendak menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, semacam saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Melawi

DIECAST MINIATUR MOBIL Melawi

DIECAST MINIATUR MOBIL Melawi

LihatTutupKomentar